728 x 90




Sejumlah Venue Jabar Digunakan untuk Asian Games 2018

  • Rubrik: Olahraga
  • 10 Januari 2018 | 19:49 WIB
  • 00271
img

BANDUNG, (PJO.com) – Di perhelatan olahraga bergengsi di tingkat Asia, Provinsi Jawa Barat siap menggelar tujuh cabang olahraga pada Asian Games 2018. Tujuh cabor tersebut, yakni Sepak Bola, Bola Tangan, Sepeda Gunung, Road Race, Kano Salom, Modern Pentathlon, dan Paralayang.
Hal tersebut dikatakan Kepala Dinas Permukiman dan Perumahan (Diskimrum) Jawa Barat, Bambang Rianto.

Menurut dia, sebagian venue sudah siap, karena memang sebelumnya beberapa venue itu digunakan PON.

"Sementara lainnya merupakan venue baru, seperti MTB yang ditempatkan di Kebun Hill Subang," ujarnya di sela-sela rapat koordinasi Indonesia Asian Games Organizing Committee (INASGOC) dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat, di Hotel Naripan, Bandung.beberapa waktu lalu.

Dia menyatakan pengerjaan venue baru juga tidak ada masalah karena tinggal mengatur jalur yang dilintasi para atlet. Selain itu, Bambang menyebut beberapa peralatan pertandingan yang sebelumnya digunakan untuk PON bisa digunakan jika memang diperlukan pada ajang Asian Games 2018.

Pada Asian Games 2018, pertandingan sepak bola akan digelar di Stadion GBLA (Gelora Bandung Lautan Api), Kota Bandung, Stadion Si Jalak Harupat, Soreang, Kabupaten Bandung, Stadion Wibawa Mukti dan Patriot kabupaten Bekasi, dan Stadion Pakansari/Kabupaten Bogor.

Bola Tangan akan digelar di ITB, Jatinangor, dan Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), sedangkan paralayang bertempat di kawasan Gunung Mas Puncak, sementara sepeda gunung akan dilakukan di Kebun Hill Kabupaten Subang.

Sedangkan Kano Slalom akan digelar di Bendung Rentang Majalengka dan Arthayasa Stables Depok menjadi arena Modern Pentathlon.

"Hal jelas, walaupun mendadak tapi kesiapan venue di Jabar untuk Asian Games Alhamdulillah sudah tersedia dan siap," ucap Bambang.

Sementara itu Coordinator Goverment Relations INASGOC, Raja Parlindungan Pane, menyatakan akan terus berkoordinasi dengan Pemprov Jawa Barat bertujuan supaya penyelenggaraan kejuaraan olahraga bertaraf Internasional ini bisa berjalan lancar.

Terlebih tujuh olahraga yang dipertandingkan tersebar di 10 kota/kabupaten di Jawa Barat, seperti Kota Bandung, Kabupaten Bandung, Kabupaten Subang, Kabupaten Majalengka, Bogor, Kabupaten Bekasi, dan Kota Bekasi. Sepak bola paling banyak memakan venue, yakni 15 tempat untuk pertandingan dan sesi latihan.

"Tanpa Pemprov Jabar, Asian Games 2018 tidak bisa dilaksanakan secara baik. Untuk itu, kami terus berkoordibasi, membahas, dan memastikan bahwa tujuh cabor yang dipertandingkan di Jabar harus berjalan lancar dan baik," harap Raja.* dar