728 x 90




Aher: Sistem PPDB Online Jabar Lancar

img
Gubernur Jabar, Ahmad Heryawan, usai menjadi Inspektur Upacara Hari Bhayangkara ke-71 di Lapangan Gasibu Bandung, Senin (10/7).* humas jabar

BANDUNG, (PJO.com) -- Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan (Aher), memastikan bahwa Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Online di Jabar lancar.

Menurutnya, selama proses pendaftaran bisa dikatakan tidak pernah terjadi apa-apa kalau kemudian di Jabar.id. Jika tidak terdaftar, Aher mengimbau orangtua siswa untuk menghubungi langsung pihak sekolah. 

"Terbukti para kepala sekolah tidak takut menghadapi pengaduan orangtua siswa dan datang langsung ke sekolah," katanya, usai menjadi Inspektur Upacara Hari Bhayangkara ke-71 di Lapangan Gasibu Bandung, Senin (10/7).

Berbeda daripada tahun sebelumnya, mereka tidak berani datang ke sekolah bahkan tidak berani membuka telepon selular pun untuk menghadapi pengaduan orangtua.

"Tanya kepada para sekolah, nyaman sekali PPDB tahun ini," tegasnya.

Aher  mengaku memang ada sedikit kekurangan, tetapi pihak Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jabar bisa mengatasinya.

"Hal jelas, kita memutuskan untuk tidak online sepenuhnya. Ternyata tepat keputusan kita. Karena sistem ini cocoknya di perkotaan," ungkapnya. 

Menurutnya, pengaduan sistem PPDB Online tahun ini menurun karena yang mendaftar sistem ini bukan orangtua murid maupun siswa, tapi petugas di sekolah. Menurutnya, sedikit masalahnya terdapat ketika membuka internet ke pemusatan PPDB Jabar.

"Kemampuan orangtua siswa untuk mengakses internet tidak sama. Jadi tidak bisa menyalahkan kita. Oleh karena itu, sistem semi online sangat tepat," tuturnya.

Aher pun mengapresiasi Dinas Pendidikan Jabar yang sudah menerapkan sistem PPDB semi online khususnya di jalur akademik.

"Saya kira kalau sulit mengakses data di PPDB Online Disdik Jabar, orangtua siswa yang mendaftar tinggal datang langsung ke sekolahnya karena di sekolah sudah terpampang anaknya terdaftar atau tidak," pungkasnya.* dar