728 x 90




Milna Beberkan Tips Menjaga 1.000 Hari Pertama Kehidupan Si Kecil

  • Rubrik: Kesehatan
  • 21 Juni 2017 | 06:20 WIB
  • 00600
img
Roadshow Milna 1st Bite Day di Bandung belum lama ini.* ist.

BANDUNG, (PJO.com) -- Mungkin banyak yang belum tahu bagaimana menjaga agar 1.000 hari pertama kehidupan si kecil berjalan baik dan lancar.

WHO merekomendasikan pemberian ASI eksklusif selama 6 bulan pertama, setelahnya, Si Kecil diberikan makanan pendamping ASI (MP-ASI) yang sesuai dan aman dan ASI diteruskan sampai usia 2 tahun.

Dalam prakteknya, banyak anak yang tidak diberi makanan sesuai dengan yang direkomendasikan. Data Riskesdas (Riset Kesehatan Dasar) tahun 2013, menunjukkan tingginya angka kejadian perawakan pendek atau stunting pada anak balita, yaitu sebesar 37,2%. Angka ini menunjukkan dampak kurang gizi jangka panjang, yang terjadi khususnya pada 1.000 hari pertama pertumbuhan Si Kecil.

Julistio Djais, dr., SpA(K), Mkes, Dokter Spesialis Anak Bidang Nutrisi dan Penyakit Metabolik RFHS FK Universitas Padjajaran, mengungkapkan penting bagi keluarga memberikan ASI eksklusif secara optimal. Dilanjutkan pemberian MP-ASI tepat waktu, tepat bentuk, mengandung cukup energi, protein, dan zat gizi mikronutrien.

“Keluarga harus memahami pentingnya pemberian makan yang sesuai pada masa ini dan dampaknya baik dalam jangka panjang dan jangka pendek bila periode emas dalam 1.000 hari pertama kehidupan ini dilewati Si Kecil secara kurang baik,” urai Julistio saat roadshow Milna 1st Bite Day di Bandung belum lama ini.

Sementara salah satu brand ambasador Milna 2017 mengungkapkan, momen makan pertama si kecil merupakan milestone penting.

"Anakku Kanaka usianya 6 bulan, aku berikan Milna Bubur Bayi Organic Beras Merah, happy sekali liat Kanaka senang dengan makanan pertamanya. Tidak hanya memberikan manfaat, Milna memberikan wawasan mengenai MP-ASI fortifikasi dan manfaatnya untuk tumbuh kembang Si Kecil,” pungkas Tya Ariestya.

Kalbe Nutritional, melalui brand unggulannya, Milna, terus melaklukan inovasi dan mendukung kesehatan anak Indonesia dan hak seorang anak untuk mendapatkan nutrisi terbaik pada momen makan pertamanya.* Mifa